Cara Penggunaan Shackle

PT. Global Marine Sejahtera – Shackle atau biasa orang-orang menyebutnya segel merupakan alat rigging yang multifungsi, yaitu dapat digunakan untuk menyambung alat rigging lain ataupun menyambung sling seperti wire rope sling, chain sling dan webbing sling. Pada umumnya shackle memiliki 2 tipe bentuk yang berbeda sesuai kebutuhan, yaitu ada shackle yang berbentuk omega dan ada juga yang berbentuk huruf D atau disebut shackle tipe Dee.

Selain dibedakan berdasarkan tipe bentuk, shackle juga dapat dibedakan oleh tipe pengunci yang dimana hal tersebut berpengaruh pada cara penggunaan dan juga fungsi nya di kebutuhan industri. Beberapa tipe pengunci shackle yang biasa digunakan adalah screw pin, round pin dan bolt & nut. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan kepada kalian semua tentang cara penggunaan shackle / segel berdasarkan tipe bentuk dan juga tipe penguncinya.

Penggunaan Shackle / Segel berdasarkan Tipe Bentuk

  • Shackle / Segel Omega

Memiliki bentuk seperti simbol omega, maka tidak heran jika shackle yang satu ini disebut shackle / segel omega. Berbicara mengenai bentuk tentunya pasti memiliki fungsi khusus mengapa dibentuk seperti itu. Shackle / segel omega di desain berbentuk bulat dan memiliki lengkungan pada bagian atas yang dimana dikhususkan untuk penggunaan sambungan jangkar. Namun, seiring perkembangan zaman, ternyata banyak juga yang menggunakan shackle / segel omega untuk kebutuhan lain karena bentuknya yang fleksibel dan juga dapat digunakan pada sudut angkat mencapai 120 derajat.

  • Shackle / Segel Dee

Shackle D atau shackle dee memiliki bentuk seperti huruf U atau D yang dilengkapi dengan pengunci. Biasanya tipe shackle D atau segel dee ini digunakan untuk kebutuhan chain atau rantai, bisa digunakan untuk rantai dapra ataupun rantai jangkar. Namun, sama seperti shackle bentuk lainnya, shackle dee juga dapat digunakan untuk kebutuhan industri lain, tetapi rekomendasi utamanya adalah untuk kebutuhan sambungan rantai.

Penggunaan Shackle / Segel berdasarkan Tipe Pengunci

  • Screw Pin

shackle-omega-screw-pin shackle-dee-screw-pin

Tipe pengunci screw pin merupakan tipe pengunci untuk shackle yang paling sederhana, yaitu hanya mengandalkan drat yang dimana penggunaannya untuk shackle dengan kebutuhan yang tidak permanen agar dapat dibuka pasang dan digunakan kembali. Namun, kelemahan dari tipe screw pin ini tidak dapat direkomendasikan untuk kebutuhan yang sulit dijangkau, karena khawatir akan mudah lepas karna tidak ada pengunci tambahan.

Cara pengunaan shackle / segel dengan tipe pengunci screw pin sangatlah mudah, yaitu hanya dengan memutar bagian pinnya saja dengan arah yang berlawanan ketika memasang pin ke body shackle.

  • Bolt & Nut

shackle-omega-bolt-and-nut shackle-dee-bolt-and-nut

Bolt & Nut atau Mur & Baut merupakan tipe pengunci yang cukup sulit untuk dibuka pasang, karena memerlukan alat khusus seperti tang untuk membukanya. Tipe shackle / segel dengan tipe pengunci bolt & nut dikhususkan untuk penggunaan yang permanen atau sulit dijangkau karena sulit untuk dibuka pasang kembali. Tipe pengunci bolt & nut dilengkapi dengan beberapa bagian yaitu Pin, Mur, baut dan cotter pin.

Cara penggunaan shackle / segel dengan tipe pengunci bolt & nut cukup sulit dan diperlukan alat khusus seperti tang, yaitu yang pertama membuka bagian cotter pin dengan alat bantu tang, kemudian memutar bagian pin kearah berlawanan ketika memasang pin ke body shackle.

  • Round Pin

shackle-omega-round-pin shackle-dee-round-pin

Tipe pengunci round pin merupakan tipe pengunci yang sangat jarang digunakan karena biasanya orang-orang lebih menyukai tipe pengunci bolt & nut untuk segi keamanan. Untuk tipe pengunci round pin ini biasa digunakan untuk kebutuhan yang semi permanen ataupun mendekati permanen yang sulit dijangkau kembali karena berbicara penggunaannya sulit untuk dibuka pasang kembali karena dilengkapi oleh cotter pin sebagai pengunci akhirnya.

Cara penggunaan shackle / segel dengan tipe pengunci round pin hampir sama dengan tipe pengunci bolt & nut, yaitu membuka bagian cotter pin dengan alat bantu tang dan kemudian tinggal melepas bagian pinnya saja.

Nah, itu dia tadi pembahasan mengenai cara penggunaan shackle / segel yang dibagi menjadi 2 pembahasan yaitu berdasarkan tipe bentuk dan tipe pengunci. Semoga artikel tentang shackle ini memberikan pengetahuan yang bermanfaat untuk teman-teman yang ingin menggunakan shackle untuk kebutuhan di berbagai industri.

PT. Global Marine Sejahtera sebagai distributor resmi shackle / segel dari brand RIGTEC & CROSBY USA menjual produk shackle/ segel dengan kualitas terbaik dan dilengkapi dengan sertifikat yang menandakan produk shackle yang kami jual berkualitas dan sudah lulus uji sertifikasi, sehingga aman untuk digunakan di berbagai kebutuhan industri.

Hubungi marketing kami untuk pertanyaan dan seputar penawaran harga di bawah ini :

Whatsapp Chat :
Fiqih Andriansyah (0857-1763-8868)

Salam Hangat,

PT. Global Marine Sejahtera
Jl. Gading Kirana A.11/15
Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, 14240
Jakarta Utara, DKI Jakarta
0857-1763-8868
marketing@globalmarinesejahtera.com
www.globalmarinesejahtera.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *