Fungsi Thimble untuk Kebutuhan Industri

PT. Global Marine Sejahtera – Apakah kalian sudah tahu apa itu Thimble dan fungsinya untuk kebutuhan industri ? Perlu diketahui, thimble atau biasa disebut kausen, puki anjing ataupun kaus kawat merupakan salah satu alat rigging yang mempunyai peranan khusus sebagai pelindung mata wire rope sling dari gesekan dengan alat rigging lain agar wire rope sling tidak mudah putus dan rusak akibat terkena gesekan langsung dengan sling atau rigging lainnya.

Fungsi dari thimble itu sendiri cukup penting untuk meminimalisir kerusakan dan juga menghemat biaya karena wire rope sling dapat utuh sehingga dapat digunakan kembali untuk kebutuhan selanjutnya. Berbicara mengenai fungsi lainnya memang thimble bukan merupakan alat yang multifungsi, namun alat ini merupakan alat yang cukup vital dan penting di kebutuhan industri terutama yang menggunakan wire rope sling. Thimble atau kausen sling mempunyai beberapa bentuk yang diklasifikasikan dengan beberapa tipe, berikut beberapa tipe thimble yang umumnya digunakan di kebutuhan industri :

Thimble Standar

thimble-standar

Untuk Thimble dengan tipe standar merupakan tipe yang paling sering digunakan di kebutuhan industri karena tentunya secara bentuk sangatlah umum dan cocok untuk digunakan pada wire rope sling dengan kapasitas yang tidak terlalu berat dan tidak menerima gesekan yang luar biasa.

Thimble Heavy Duty (Bulldog)

thimble-heavy-duty-bulldog

Jika kalian membutuhkan pelindung wire rope sling untuk kebutuhan yang cukup ekstrim, maka thimble heavy duty merupakan pilihan yang tepat karena bentuknya yang tebal dan juga kokoh sehingga memperpanjang usia wire rope sling lebih lama jika dalam kondisi kebutuhan kapasitas yang cukup tinggi, namun berbicara harga lebih mahal jika dibandingkan tipe standar.

Thimble Solid

thimble-solid

Tipe thimble yang satu ini merupakan thimble untuk kebutuhan khusus, selain digunakan untuk kapasitas yang tinggi, tipe thimble solid ini memiliki bentuk yang berbeda dibandingkan dengan tipe thimble lainnya. Adanya lubang khusus yang lebih kecil merupakan fungsi agar sambungan sling atau rigging lain tidak goyang dan kokoh jika disambungkan dengan wire rope sling dengan pelindung thimble solid.

Selain dibedakan berdasarkan bentuk, thimble juga dapat dibedakan berdasarkan bahan baku ataupun jenis finishingnya. Ada beberapa jenis finishing yang digunakan untuk produk thimble, yaitu finishing dengan galvanis yang berfungsi untuk mengurangi adanya karat, dan ada juga thimble dengan bahan baku stainless steel 304 dan stainless steel 316 yang dikhususkan untuk kebutuhan yang banyak menerima karat atau korosi. Perlu diperhatikan bahwa thimble tidak memiliki kapasitas, jadi tidak direkomendasikan untuk kebutuhan angkat.

Nah, buat kalian yang sedang mencari thimble berkualitas dan dilengkapi dengan sertifikat, jangan bingung lagi! PT. Global Marine Sejahtera merupakan distributor resmi alat rigging dari brand terbaik di dunia seperti RIGTEC & CROSBY USA menyediakan produk rigging & lifting berkualitas dan dilengkapi sertifikat asli yang menandakan semua produk yang kami jual sudah lulus uji sertifikasi dan aman untuk digunakan di kebutuhan industri.

Link Pembelian Online :

https://www.tokopedia.com/global-marine-sejahtera

Whatsapp Chat (Pembelian Offline) :

Fiqih Andriansyah 0857-1763-8868

Salam Hangat,

PT. Global Marine Sejahtera
Jl. Gading Kirana A.11/15
Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, 14240
Jakarta Utara, DKI Jakarta
0857-1763-8868
marketing@globalmarinesejahtera.com
www.globalmarinesejahtera.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *